/ Detail

BERSIAP IKUT ASESMEN NASIONAL 2021

13

Nov

BERSIAP IKUT ASESMEN NASIONAL 2021


Humas SMPN 4  

BERSIAP IKUT ASESMEN NASIONAL 2021

Oleh: Mega Purnama

Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tentu sudah kita ketahui dan diterapkan pada tahun-tahun sebelumnya. Ujian Nasional menjadi salah satu tolak ukur bagi kelulusan peserta didik salah satunya pada tingkat SMP. Berdasarkan pengamatan dan banyaknya kekurangan dari pelaksanaan UN, Pemerintah melalui Kemdikbud telah menyiapkan strategi baru perihal penilaian hasil belajar peserta didik melalui program Asesmen Nasional. Lantas apa itu Asesmen Nasional? Berikut penjelasannya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) secara resmi menyatakan bahwa Ujian Nasional dihapus pada tahun 2021 dan digantikan dengan Asesmen Nasional. Pernyataan tersebut disampaikan melalui siaran Pers Kemdikbud Nomor: 293/sipres/A6/X2020 tentang Asesmen Nasional sebagai Penanda Perubahan Paradigma Evaluasi Pendidikan. Penetapan ini juga diambil berdasarkan regulasi Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (Covid-19).

Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen diperlukan untuk menilai efektivitas pembelajaran dan ketercapaian kurikulum. Informasi dari asesmen nasional ini, nantinya dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Oleh karena itu, Asesmen Nasional tidak dirancang untuk menghakimi sekolah atau melakukan pemeringkatan sekolah.

Asesmen Nasional dilaksanakan dengan tiga instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi-Numerasi, survei karakter dan survei lingkungan belajar. Komponen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) terdiri dari literasi membaca dan numerasi.

Literasi membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat. Sedangkan numerasi merupakan kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia. Instrumen kedua yaitu survei karakter. Survei karakter dikerjakan oleh peserta didik untuk mendapatkan informasi hasil belajar sosial-emosional. Survei karakter ini akan mengukur 6 (enam) aspek Profil Pelajar Pancasila, yaitu:

1.     Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berahklak mulia.

2.     Berkebinekaan global

3.     Bergotong-royong

4.     Mandiri

5.     Bernalar kritis

6.     Kreatif

Selanjutnya instrumen survei lingkungan belajar. Instrumen ini akan dikerjakan oleh murid, guru dan kepala sekolah untuk mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar mengajar di sekolah. Survei lingkungan belajar mengumpulkan informasi tentang kualitas proses pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran.

Asesmen Nasional dilaksanakan pada pendidik, peserta didik dan kepala sekolah di setiap satuan pendidikan. Peserta didik akan mengikuti Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter dan survei lingkungan belajar. Sementara pendidik dan kepala sekolah hanya mengikuti survei lingkungan belajar. Responden peserta didik akan dipilih secara acak dengan jumlah maksimal 30 murid SD/MI, 45 murid SMP/MTs, dan 45 murid SMA/SMK/MA. Terkait penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa tidak seluruh peserta didik yang akan di-asesmen. Akan tetapi, sekolah perlu menyiapkan pembekalan kepada seluruh peserta didik karena nantinya sebanyak 45 peserta didik pada tingkat SMP/MTs akan dipilih secara acak. Jadi tetap harus dipersiapkan matang-matang oleh seluruh peserta didik. Semoga pelaksanaan Asesmen Nasional 2021 dapat terlaksana dengan baik dan mencapai hasil yang maksimal.

Salam Sukses.

Sumber: pusmenjar.kemdikbud.go.id


Website Sekolah ini Dikelola oleh CLIMBERNET